Translate

Goa-goa di Selatan Jawa Ini Wajib Kamu Kunjungi

Goa-goa di Selatan Jawa – Indonesia memiliki banyak wisata alam yang indah nan eksotis. Salah satu diantara wisata alam tersebut adalah wisata susur goa atau caving. Wisata gua di Indonesia khususnya di pulau Jawa banyak terdapat di pesisir Selatan. Nah bagi kamu yang hobi berpetualang menyusuri gua-gua alam, berikut ini beberapa g0a yang ada di selatan jawa yang wajib kamu kunjungi.

1. Goa Pindul, Yogyakarta


Goa ini terletak di Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta dan baru diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2010 silam. Sayang sekali bahwa sebelum tahu akan keindahan goa ini, penduduk sekitar membuang sampah di sini. Sebelum akhirnya diketahui bahwa sungai bawah tanahnya terlihat begitu menarik. Di sepanjang sungai Goa Pindul, wisatawan bisa menikmat serunya cave tubing yaitu menyusuri sungai di dalam goa dengan menggunakan perahu karet.

2. Goa Tetes, Lumajang


Goa yang terletak 55 kilometer dari arah Selatan Kota Lumajang ini memberikan pemandangan yang indah dengan gradasi warna stalagtit dan stalagmitnya. Goa Tetes terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Untuk bisa merasakan dan menikmati keindahan Goa Tetes, pengunjung harus bersedia berjalan kaki 3 km jauhnya. Mungkin akan terasa melelahkan tetapi rasa lelah itu sebanding dengan pemandangan yang bisa dinikmati. Para pengunjung akan dimanjakan dengan tebing yang berwarna kuning keemasan dan berlapis belerang serta sulur hijau menawan. Tidak hanya itu, di bagian kanan dan kiri tebing juga ada air terjun. Jadi pengunjung akan merasakan keindahan perpaduan antara tebing hijau lumut dan air terjun yang menyegarkan.

3. Goa Lowo, Trenggalek


Goa di Trenggalek tidak kalah indah dengan pantainya. Goa yang terletak di Watuagung, Kecamatan Watulimo ini berjarak 30  kilometer dari Kota Trenggalek. Goa ini menyimpan misteri sepanjang 2 kilometer. Beberapa pihak menyebutkan Goa Lowo merupakan goa terbesar di Asia Tenggara. Hanya 9 ruangan dan 800 meter dari tempat ini yang bisa dijelajah oleh manusia. Sedangkan yang lain, disarankan untuk tidak dijelajahi karena terlalu berbahaya.

3. Goa Lawa, Purbalingga


Goa yang berada di daerah Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kota Purbalingga ini terletak di bawah lereng Gunung Slamet. Terbentuk dari endapan batu gamping dan lava volkanik yang mengeras. Lorong goa ini sangat panjang yaitu 1,5 km dan luasnya sampai 5 km. Uniknya, ada batu yang bentuknya menyerupai semar,salah satu tokoh pewayangan. Padahal batu-batu yang ada di goa ini terbentuk secara natural.

Sumber :
http://artikelinternet.com/gua-gua-di-selatan-jawa-ini-wajib-kamu-kunjungi.html

Related Posts

Subscribe Our Newsletter